Komitmen Germas dan Penghijauan di Desa Padang Luas

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) berkomitmen mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan penghijauan di Desa Padang Luas. Hal tersebut secara simbolis dilakukan Bupati Tala HM Sukamta, Wakil Bupati Tala Abdi Rahman dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tala Hj Nurul Hikmah Sukamta dalam penandatanganan komitmen Germas dan penanaman bibit pohon. Dua agenda tersebut sekaligus menjadi agenda penutup dari rangkaian acara Manunggal Tuntung Pandang di Desa Padang Luas, Kecamatan Kurau, Sabtu pagi (17/7/2021).

Penandatanganan komitmen Germas di Desa Padang Luas tersebut juga merupakan bagian dari gerakan Pemkab Tala dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Stop Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Komitmen perilaku Stop BABS merupakan bagian dari kepedulian Pemkab Tala terhadap Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Dengan menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang air besar sembarangan, maka sanitasi di lingkungan warga bisa lebih terjaga dan resiko masalah kesehatan pun dapat ditekan.

Dalam kesempatan itu, Sukamta pun mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri. Salah satu yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah penggunaan fasilitas tempat pembuangan atau jamban yang layak.

Berita Lainnya
1 dari 448

“Mari kita tingkatkan kesadaran untuk tidak buang air besar sembarangan, ini komitmen kita bersama. Dengan Stop BABS maka kita juga berperan mencegah potensi tersebarnya penyakit di lingkungan sekitar. Jika sanitasi pembuangannya buruk, nanti yang rugi warga juga”, imbau Sukamta.

Usai melakukan penandatanganan komitmen Germas, Sukamta yang diwakili Wakil Bupati Abdi Rahman dan Ketua TP PKK Hj Nurul Hikmah Sukamta bergeser ke lokasi penanaman pohon sebagai dukungan program penghijauan di Desa Padang Luas.

“Alhamdulillah warga bersama aparatur Desa Padang Luas peduli dengan penghijauan lingkungannya. Kami sangat mendukung penanaman bibit pohon ini. Selain desa ini memang hijau karena hasil persawahannya, semoga dengan tumbuhnya pohon-pohon ini juga semakin menambah keindahan dan keteduhan di Desa Padang Luas”, ujar Abdi Rahman.

Bibit pohon yang ditanam merupakan jenis pohon Sirsak dan Jambu Kristal. Adapun bibit pohon yang ditanam di Desa Padang Luas terdata sejumlah 200 bibit pohon yang diperolah dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya