BPBD dan Dinkes Perlu Waspada Banjir Susulan

Kasongan, KP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) perlu waspada terhadap banjir susulan, Khususnya banjir di wilayah hulu Katingan.

Hal Demikian yang diungkapkan Muhamad Efendi. S. Hut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan kepada sejumlah media, saat dirinya bersama sejumlah anggota dewan lainnya menunggu Agenda rapat kerja gabungan antara eksekutif dengan legeslatif terkait rencana akan dibahasnya KUA-PPAS APBD Perubahan Pemkab Katingan tahun anggaran 2021.

Waspada menurutnya, untuk BPBD agar selalu memonitor tentang kondisi air di wilayah hulu Kabupaten Katingan, terutama dari Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah hingga Tumbang Hiran Kecamatan Marikit dan di Kecamatan Katingan Hulu.

“Karena informasinya, di wilayah kecamatan-kecamatan itulah intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Sehingga mendatangkan banjir sampai ke wilayah hilir,” ujar Fendi.Selasa (24/8/2021)

Kemudian, jika tiba-tiba air banjir mengalami peningkatan lagi sampai beberapa meter, dirinya berharap kepada BPBD agar mendirikan pos penanggulangan banjir di setiap wilayah Kecamatan yang dilanda banjir. Tujuannya, untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada masyarakat (korban) banjir.

Berita Lainnya

Desa Diminta Bagun Rumah Panggung

1 dari 112

Selanjutnya, untuk Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, menurutnya perlu juga mendirikan Pos pelayanan kesehatan, di beberapa wilayah kecamatan.

“Tujuannya, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat, baik saat terjadinya banjir maupun pasca banjir. “Karena, kondisi banjir dan saat pasca banjir sejumlah bakteri dan virus berkeliaran, dan siap menyerang masyarakat,” ujar legislator Partai Demokrat ini

Adapun sejumlah jenis penyakit yang selalu siap menyerang kita pada situasi banjir dan pasca banjir menurutnya, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, selain penyakit diare, juga Demam Berdarah Dangue (DBD) dan sejenisnya.

Selanjutnya, untuk masyarakat yang wilayahnya dilanda banjir, lanjutnya, agar selalu waspada. Maksudnya, ketika tempat tinggalnya sudah dimasuki air banjir, perlu dibenahi sejumlah kabel yang ada jaringan listriknya.

“Ini untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan,” ingat abggotaggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya