Kesigapan Anggota Hantarkan PMK Perintis Juarai Lomba

Banjarmasin, KP – Lomba ketangkasan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) – Pasukan Memadamkan Kebakaran (PMK) se Kota Banjarmasin dimenangkan oleh PMK Perintis.

Dalam lomba yang digelar dalam rangkaian Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke-495 itu, pasukan pemadaman kebakaran yang bermarkas di Jalan Ternate, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah itu berhasil meraih juara 1 dan mengalahkan puluhan organisasi pemadam kebakaran lainnya yang ada di Bumi Kayuh Baimbai ini.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba ketangkasan BPK-PMK tersebut dilakukan di lobi gedung Balai Kota Banjarmasin, Kamis (23/12) pagi.

Ketua PMK Perintis, Farid Hidayat mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih organisasi pemadam kebakaran yang saat ini memiliki 50 anggota.

Menurutnya, capaian tersebut merupakan buah dari kerja keras selama 1 minggu berlatih hingga membuat video yang diikutsertakan dalam lomba tersebut.

“Juara lomba ini akan kita jadikan pemicu semangat untuk meningkatkan skill cara penanganan kebakaran di internal kita,” ungkapnya usai menerima tropi dan penghargaan.

Farid menceritakan, mereka pun merekayasa pembuatan video di dalam gang sempit, sehingga efek dramatis seperti kebakaran sesungguhnya.

BPK yang berdiri tahun 2001 ini sengaja menggunakan halaman belakang Kodim 1007/Banjarmasin untuk lokasi pembuatan video ketangkasan.

Disana, mereka menggunakan alat pelindung diri (APD), seperti pakaian, masker hingga sarung tangan dan perlengkapan lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.525
loading...

“Mulai berangkat dari posko, kita ambil alatnya sampai kita padamkan apinya, dan Alhamdulillah kita bisa juara,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjelaskan, lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan keterampilan dan ketangkasan para petugas pemadam kebakaran di lapangan.

“Tapi lebih daripada itu semua. Kita membantu masyarakat dan menjaga keselamatan para petugas di lapangan,” jelasnya.

Ibnu pun menghimbau para relawan BPK se-Banjarmasin agar dalam melaksanakan tugas selalu mengutamakan keamanan.

“Tentunya jangan ada sampai kejadian kecelakaan apalagi sampai meninggal. Mudah-mudahan BPK kita semakin sigap jika menghadapi musibah kebakaran di Kota Banjarmasin,” harap Ibnu.

Disamping itu, orang nomor satu di Kota Seribu Sungai itu juga menghimbau masyarakat Banjarmasin untuk selalu berhati-hati terkait musibah kebakaran.

Mengingat banyaknya pemukiman padat penduduk yang berada di 5 kecamatan di Banjarmasin.

“Jadi masyarakat tetap harus hati-hati. Baik dengan jaringan listrik dan dapur,” pungkasnya.

Adapun juara pada lomba ketangkasan BPK se Banjarmasin tersebut yakni, juara 1, PMK Perintis, juara 2, PMK Penjelajah, juara 3, BPK Markas dan juara 4,BPK Monster.

Sedangkan juara Favorit yakni, juara favorit 1, BPK Regas, juara favorit 2, BPK Ton 21, juara favorit 3, Swasta Pribumi dan favorit 4, PMK Pasar Lama. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya