Dispora gelar pemusatan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Banjarbaru, KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selstan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, mengadakan Pemusatan pelatihan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022 untuk upacara peringatan HUT RI ke-75.

Kegiatan pemusatan latihan langsung di buka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembagunan Setda Kalsel, Syaiful Azhary, didampingi Kabid Pengembangan Pemuda, Heru Susmianto dan panitia pelaksana, Rokhyatin Effendi, ditandai pengalungan kartu peserta Pakibraka kepada perwakilan.

Dalam sambutannya, Syaiful Azhary mengucapkan selamat datang kepada putra dan putri terbaik dari kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan yang telah terpilih sebagai anggota paskibraka tingkat Provinsi Kalsel tahun 2022.

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting, dalam rangka untuk mengibarkan bendera merah putih dengan baik dan sempurna, karena bendera merupakan lambang kedaulatan, kehormatan dan kemerdekaan suatu bangsa.

“Pemusatan pelatihan paskibraka ini merupakan salah satu rangkaian acara memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu kita peringati setiap tanggal 17 Agustus,” kata Syaiful, Kamis (4/8/2022).

Kegiatan bertujuan untuk memupuk semangat kebangsaan dikalangan pemuda, guna mengembangkan sikap disiplin serta memupuk dan mengembangkan rasa kesadaran berbangsa dan bernegara.

Berita Lainnya
1 dari 713
loading...

“Jadi pemusatan pelatihan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk membina diri, melatih sikap, mental dan kekompakan anggota Paskibraka untuk melaksanakan tugas pokok pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan yang ke 77 tanggal 17 Agustus tahun 2022 ini,” ucapnya.

Ia berharap anggota pasukan Paskibraka Kalsel selalu memperhatikan 5M yaitu, pertama menjadi generasi muda milenial pemimpin masa depan bangsa yang berakhlaq mulia, berbudi pekerti luhur dan dapat menjadi contoh pemuda lainnya.

Kedua menjadi pelopor dalam upaya pencegahan bahaya merokok, narkoba dan pergaulan bebas. Ketiga menjadi pelopor dalam pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam sehingga dapat menjaga kelestarian alam sebagai paru-paru dunia. Keempat menjadikan media sosial sebagai sarana untuk belajar dan menggunakannya dengan bijak. Kelima meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan sesama anggota paskibraka, tim pelatih dan panitia pelaksana.

Panitia pelaksana pemusatan pelatihan, yang juga Kepala Seksi Kepemimpinan Kepeloporan Kepramukaan dan Organisasi Pemuda Dispora Kalsel, Rokhyatin Effendi

mengatakan tujuan pelatihan ini untuk menumbuhkan semangat dan jiwa patriotisme serta pemahaman nilai-nilai luhur bangsa indonesia yang terdapat pada pancasila, undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945.

“Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dalam berbagai aspek pengembangan dan perluasan wawasan, memperkuat rasa nasionalisme, kebangsaan dan cinta tanah air. Menyiapkan terbentuknya pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat provinsi Kalimantan Selatan 2022,” ucapnya.

Kegiatan pelatihan Paskibraka tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022 diikuti sebanyak 39 orang, terdiri dari 20 orang putera dan 19 puteri dari 13 kabupaten/kota. Pelatihan akan dipusatkan di Kantor Guebrnur Kalsel Banjarbaru. Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 3-18 Agustus 2022. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya