Pantau dan Cepat Tanggap di Wilayah Rawan Bencana

Banjarmasin, KP – Semua pihak terkait diingatkan agar selalu memantau dan cepat tanggap pada wilayah rawan bencana alam dan lainnya.

“Karena dari hasil prakiraan prediksi BMKG dari bulan November 2022 hingga Februari diberbagai wilayah Indonesia berpotensi terjadi cuaca ektrim, dan kita semua di Kalsel tetap waspada,” kata Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, mewaliki Kapolda, Irjen Pol Andi Rian Djajadi pada apel pasukan dihadari Forkopinda di halaman Mapolda Kalsel, Jumat (30/12).

BMKG sebut, seperti hujan hebat, angin kencang dan pasang surut air laut. Dengan kondisi tersebut tentunya dapat menyebabkan dampal berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, puting beliung dan gelombang tinggi yang dapat mengganggu aktifitas bahkan keselamatan jiwa masyarakat. “Kita ketahui, intensitas curah hujan dan pasang surut air sungai di wilayah provinsi Kalsel saat ini telah terjadi peningkatan.

Tentua menjadi atensi kita bersama untuk berupaya dan berusaha mengantisipasi dengan kesiapsiagaan,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 1,793
loading...

maka melalui langkah awal berupa pelaksanaan apel kontijensi penanganan bencana alam ini upaya mengantisipasi maupun terhadap penanganan bencana alam yang mungkin akan terjadi di wilayah Kalsel.

“Diperluakan adanya langkah yang komprehensif dan sinergis dan jika bisa mengungsi dari kawasan rawan bencana alam agar tidak ada tataran preventif, dengan patrol korban jiwa,” jelasnya.

Sehingga “early warning: bila terjadi bencana.

“Pada saat terjadi bencana alam tentunya harus cepat dan tanggap untuk menolong masyarakat.

SAR terbatas serta mengamankan harta benda yang ditinggalkan secara dengan bersinergi bersama pemerintah daerah, TNI dan seluruh stakehoklder,” ujar Wakapolda. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya