UPTD Laboratorium Dinkes Sumbang PAD Rp750 jutaan

Banjarmasin, KP – Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Laboratorium milik Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin selama tahun 2019 berhasil menyumbang Pendapatan Asli Daerah ( PAD) tahun 2019 target nominal sekitar Rp 750 jutaan/ tahun.

Kepala UPTD Lab Kesehatan Kota Banjarmasin, dr Syahrani kepada awak media, Senin (06/01/219) mengungkapkan, pendapatan tersebut diperoleh dari dua kategori yakni pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan lingkungan.

Bahkan, biasanya yang melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat umum dan banyak juga para instansi pemerintah serta perusahaan – perusahaan swasta.

Diantaranya Rumah sakit swasta yakni RS Ciputra, RS. Suaka Insan dan TPT. Hotel berbintang diantaranya Mercure dan Golden Tulip. ” Untuk RS pemeriksaan terhadap kesehatan lingkungan seperti kesehatan ruang operasi seperti yang distandarisasikan kementrian kesehatan, “ujarnya

Berita Lainnya
1 dari 1.746
Loading...

Sedangkan Hotel yang diperiksa terhadap air, semua peralatan makanan yang disebut usap peralatan makan, suhu dan kelembaban atau tergantung permintaan pihak hotel. “Disini hanya hotel berbintang saja yang rutin melakukan pemeriksaan tersebut namun kami tetap memberikan pelayanan sesuai dengan permintaan konsumen, “katanya.

Bahkan, katanya, Laborat yang baru saja mendapatakn sertifikat akreditas dari Kementrian Kesehatan pada 2019 tersebut akan mengembangkan sayapnya lagi di 2020. Rencananya pada 2020 tersebut, kerjasama pemeriksaan kesehatan akan meneken kerjasama Tapin. Sebelumnya, kerjasama juga dilakukan pada pemkab Kotabaru, Marabahan dan Balangan.

Kemudian, pada 2020, Laboratorium Kesehatan akan melakukan penyesuaian tarif terhadap tes kesehatan darah, urine dan vases serta tes kesehatan lingkungan sesuai perda tarif pemeriksaan kesehatan terbaru.

” Naiknya tarif ini hanya sebagai penyesuaian saja, apalagi untuk tes kesehatan lingkungan dimana bahan baku seperti harga regen kini juga mengikuti harga dollar dan untuk kenaikan ini segera akan disosialisasikan kepada masyarakat dan digarapkan masyarakat memakluminya, “demikiannya Kepala UPTD Lab Kesehatan Kota Banjarmasin, dr Syahrani. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya