Wabup Pastikan Sapi Kurban Memenuhi Syarat

Kandangan, KP – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad mengunjungi dua peternakan sapi, Senin (27/7/2020).

Hal itu untuk mengetahui ketersediaan hewan kurban dalam rangka persiapan hari raya Idul Adha .

Syamsuri Arsyad mengunjungi peternakan sapi milik Harjoko di Kelurahan Kandangan Barat, serta peternakan sapi milik Reza Agus Kurniawan di Parincahan. Keduanya merupakan salah satu peternak sapi terbesar di Kabupaten HSS, Harjoko beternak sapi sebanyak 60 ekor, sedangkan Reza Agus sebanyak 30 ekor.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menerangkan, kunjungannya ke peternakan itu untuk memastikan sapi di Kabupaten HSS tersedia sesuai dengan jumlah yang dihajatkan masyarakatnya.

Menurutnya, sapi yang pihaknya periksa di kedua peternakan itu, seluruhnya dalam keadaan sehat.

Berita Lainnya

Jembatan Loklahung HSS Selesai Desember

1 dari 318

“Alhamdulillah, kita lihat tadi sapinya sehat-sehat, dan utamanya umur sapi juga sampai untuk syarat sebagai hewan kurban. Hal itu langsung dokter hewan bersama kami juga yang memeriksanya,” ungkap Syamsuri.

Sapi tersebut terangnya, akan disuplai oleh petenak ke masyarakat yang sudah membeli. Syamsuri menyarankan, jika memungkinkan untuk melakukan distribusi pada Jumat saja agar tidak terlalu lama berada di tempat masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor mengungkapkan, pada saat dilaksanakan pemotongan hewan kurban, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap organ-organnya, seperti jantung, hati empedu.

Hal itu terangnya, untuk mengetahui tanda-tanda penyakit menular terhadap manusia.

“Kalau itu memang ada, nanti akan kita edukasi bagaimana cara mengatasi dengan memasaknya diatas 100 derajat Celsius,” ucapnya.

Pemantauan peternakan sapi itu, turut diikuti Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten HSS Sasmi Rifani. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya