Program KKP di Sungai Raya
Bupati HSS Kunjungi Kampung Haruan

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengunjungi ‘Kampung Haruan’ di Desa Asam, Kecamatan Sungai Raya, Rabu (7/7/2021) pagi.

Kampung Haruan tersebut merupakan program yang ditetapkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI). Sebab, Desa tersebut memiliki potensi ikan gabus, atau dalam bahasa lokal disebut haruan.

Lokasi pembudidayaan ikan haruan di tempat bernama Pulau Padang Basar itu, berjarak sekitar 900 meter dari jalan utama desa.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, secara teknis Desa Asam berpotensi untuk bisa memelihara ikan haruan. 

“Ikan haruan merupakan ikan primadona, yang menjadi menu wajib untuk dihidangkan di rumah maupun di warung-warung makan, khususnya dengan menu Ketupat Kandangan,” terangnya.

Sehingga terangnya, ikan haruan selalu menjadi salah satu komoditas pendorong inflasi di Kabupaten HSS.

Berita Lainnya
1 dari 528

Bupati HSS Achmad Fikry mengungkapkan, mulai tahun 2021 ini KKP RI akan membangun kolam pembenihan ikan haruan di lokasi tersebut. 

Kegiatan itu sebutnya, merupakan program nasional yang ditempatkan di Kabupaten HSS.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Asam dan masyarakat yang terlebih dahulu merintis memelihara ikan haruan sebelum program tersebut diluncurkan,” tuturnya.

Achmad Fikry berharap, kegiatan itu akan menjadi pendorong atau upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat, sekaligus memenuhi kebutuhan ikan haruan bagi masyarakat di Kabupaten HSS.

Setelah kunjungan itu, Bupati bersama rombongan melanjutkan kegiatan, yakni melakukan panen ikan nila kolam bioflok di Desa Batang Kulur Tengah.

Kegiatan itu turut dihadiri Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah Muhammad Noor, Kepala Dinas Perikanan Saidinoor, Camat Sungai Raya Mawardi dan para Kepala SOPD terkait. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya