Iklan
Iklan
Iklan
Palangka Raya

Kalteng Tekan Inflasi Jelang Ramadhan

×

Kalteng Tekan Inflasi Jelang Ramadhan

Sebarkan artikel ini

Palangka Raya, KP – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagperin) Kalteng menjelang Ramadhan, Hari Besar keagamaan ikut berperan menekan inflasi dengan menggelar Pasar Murah.

Kegiatan kali pertama dihelat ini juga untuk menghadapi Hari Besar Keagamaan sekaligus menyambut Hari Raya Idulfitri 2023 M/1444 H mendatang.

Pasar Murah dilaksanakan di Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, yang dibuka oleh Kepala Disdagperin Aster Bonawaty didampingi Camat Jekan Raya Sri Utomo beserta BABINSA.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan lancar dan warga sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini,” ujar Aster Bonawati.

Aster menambahkan, dalam kegiatan Pasar Penyeimbang ini, pihaknya menyediakan 1.000 paket bahan pokok yang berisikan beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 L, susu kental manis 1 kaleng, dan sarden 1 kaleng. 

Untuk harga bahan pokok ini senilai 150 ribu rupiah per paketnya, namun Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan subsidi sebesar 100 ribu rupiah, “sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga 50 ribu rupiah per paketnya, yang dapat ditukar dengan menggunakan kupon,” jelas Aster. 

Disebutkan kegiatan serupa direncanakan akan dilaksanakan setiap minggu di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng secara bergantian.

Dijelaskan sesuai arahan Gubernur, masalah inflasi jangan lengah, harus dipantau dan menjadi perhatian serius Pemerintah, meskipun inflasi di Kalteng makin rendah, upaya menekan inflasi terus dilakukan, salah satunya dengan melaksanakan Pasar Penyeimbang.

Di hari yang sama juga dilaksanakan Pasar Penyeimbang di tiga lokasi berbeda, yaitu Kelurahan Tangkiling Kota Palangka Raya; Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas; dan Kelurahan Palingkau Baru Kabupaten Kapuas.(drt/KPO-1)

Iklan
Baca Juga:  Komisi II DPRD Kalteng Dorong Budi Daya Madu Kelulut
Iklan