Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Rakor Audit Kasus Stunting Tindaklanjut AKS 1

×

Rakor Audit Kasus Stunting Tindaklanjut AKS 1

Sebarkan artikel ini
AUDIT STUNTING - Wakil Bupati Said Idrus membuka rakor audit kasus stunting di Kabupaten Banjar, Rabu (13/9)

WAKIL Bupati Habib Idrus Al-Habsyie selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) membuka Rakor Stunting, di Grand Dafam Q Hotel, Banjarbaru, Rabu (13/9).

Wabup mengatakan, lewat rapat koordinasi ini, dapat diketahui dan disampaikan informasi terkait hasil pelaksanaan rencana tindak lanjut Audit Kasus Stunting 1 (AKS 1) sebagai bahan evaluasi menentukan lokasi sasaran pelaksanaan AKS 2 tahun 2023 dalam upaya menurunkan angkanya di Kabupaten Banjar.

“Kegiatan dapat dilaksanakan secara sinergis melalui peran serta lintas SKPD se-Kabupaten Banjar, tim pakar, tenaga kesehatan serta seluruh aparat dan perangkat desa dalam upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting,” pesannya.

“Kita berusaha bersama dan berikhtiar menurunkan angka stunting Kabupaten Banjar tahun ini sebesar 23 persen dan ikut mendukung program nasional sebesar 14 persen tahun 2024,” harapnya.

Sementara Kabid KB Dinsos P3AP2KB Banjar Khairunnisa menjelaskan, AKS dalam satu tahun dilaksanakan dua kali untuk melakukan intervensi pada calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu nifas, baduta dan balita.

Intervensi terhadap sasaran dipantau perkembangannya terus-menerus oleh tim pendamping keluarga di lapangan, hasilnya dapat diketahui pertiga bulan untuk dilaporkan kepada tim pakar yang akan menelaah lebih lanjut.

“AKS 2 dilanjutkan untuk menyelesaikan kasus pada AKS 1 untuk aksi yang lebih terlihat lagi,” tandasnya.

Adapun narasumber kegiatan, Kadis Kesehatan drg Yasna Khairina, dokter spesialis anak Vicka Dian Hapsari, dokter spesialis obstetri dan ginekologi Ardi Eko Marsanto, dokter spesialis gizi Taufik Rahmadi dan psikolog Henny Pujianti.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada tim pakar audit kasus stunting Kabupaten Banjar, disaksikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah dan Plt Sekretaris Dinsos P3AP2KB Jahriah. (adv/K-2)

.

Iklan
Baca Juga:  Senam Poco-poco Nusantara Tim Kalsel Kalahkan Tim DKI dan Jabar
Iklan