Tanam Pohon Bernilai Ekonomis untuk Hutan Lestari

Banjarbaru, KP – Hutan lestari adalah sesuatu hal yang terus digaung-gaungkan Pemprov Kalsel bersama jajaran pemerintah daerah (pemda). Banyak cara dilakukan untuk menuju hutan lestari.

Selain menindak tegas para pelaku pembalakan liar, penanaman juga terus dilakukan. Tahun lalu lahan kritis seluas 32 ribu hektare berhasil ditanami. Tahun ini target yang sama kembali disematkan kepada Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel.

Untuk menciptakan hutan lestari pemprov bersama pemkab dan pemkot juga menggalakan menanam pohon bernilai ekonomis. Do yakini jika pohon bernilai ekonomis maka aksi penebangan bisa terhindarkan.

Jumat (25/10) lalu, bertepatan dengan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNP DAS) tahun 2019 dilaksanakan kickoff penanaman 2.000 pohon di 13 kabupaten/kota. Lahan yang ditanami seluas 20 ribu hektare.

Berita Lainnya
1 dari 890
Loading...

“Jarak pohon yang kita tanam 3 meter kali 3 meter, ” jelas Kepala Dishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq.

Dikatakan Hanuf, jenis pohon yang ditanam campuran dari beberapa jenis serta memiliki nilai ekonomis. Dikatakannya, pihaknya coba membangun profit dari hutan dan menjadikan tulang punggung ekonomi bagi masyarakat.

“Harus kita pacu dengan demikian, jika hutan sudah berkontribusi terhadap ekonomi, maka hutan lestari dengan sendirinya terbangun, ” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya. Dikatakan Paman Birin, tahun 2019 ditargetkan 32 ribu hektare ditanami.

“Tujuannya jelas umtuk penghijauan dan menanam daerah tandus serta semak yang tidak bermanfaat dan berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. pemeirntah pusat sangat respek sekali dengan program revolusi hijau milik kita. Terbukti perhatian ditunjukan menteri, presiden juga kemarin di istana bangga dengan kegiatan penanaman,” ucapnya. (*/K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya