Kualitas dan Efektivitas Pelaksanaan MTQ Harus Ditingkatkan

BANJARMASIN, KP – Kualitas dan Efektivitas pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Tingkat Provinsi Kalsel harus ditingkatkan, hal itu merupakan salah satu poin yang dihasilkan dalam Musyawarah Daerah (Musda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) belum lama ini.

Plt Biro Kesra, Mujiyat, SSn, MPd mengatakan hal itu kepada {[KP]} di Banjarmasin, Kamis (31/10).

Menurut dia, Musda melibatkan Biro Kesejahteraaan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel, LPTQ Provinsi Kalsel serta LPTQ Kabupaten Kotabaru selaku tuan rumah.

Dia menambahkan, Musda LPTQ kali ini perannya sangat strategis yaitu merumuskan, mengidentifikasi masalah, dan menetapkan langkah-langkah peningkatan kualitas dan efektivitas penyelenggaraan MTQ/STQ, Menyusun Program Kerja LPTQ Provinsi Kalsel, serta merespon persoalan-persoalan actual yang dihadapi LPTQ dan Persoalan umat pada umumnya dalam konteks pemeliharaan kesucian kitab suci Al Qur’an.

Sedangkan tema yang diusung adalah ”Kita Tingkatkan Profesionalitas”.

Berita Lainnya
1 dari 890
Loading...

Dan Ada yang menarik dalam sidang komisi, terkait pelaksanaan MTQ, apakah mengikuti penyelenggaraan MTQ secara nasional, yakni MTQ pada Tahun genap dan STQ pada tahun ganjil.

“Hal ini tentunya perlu dibahas secara intensif, terkait efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan MTQ, demi upaya kita bersama dalam meningkatkan syiar Islam dan membumikan Al Qur’an,” ujar Mujiyat.

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsiu Kalsel, H Noor Fahmi mengatakan bahwapelaksanaan Musda LPTQ adalah bukti kesiapan dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam menyelenggarakan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalsel, yang ke-32 Tahun 2019. “LPTQ sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam engembangan, pembinaan dan penghayatan nilai-nilai Al Qur’an agar terus meningkatkan perannya agar LPTQ semakin diakui keberadaannya oleh masyarakat,” harap Noor Fahmi ketika menutup kegiatan Musda.

MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang ke-32 ini, akan digelar pada tanggal 3 sampai 9 Nopember 2019, dengan berbagai cabang lomba, yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Kalsel, yang hasilnya akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Padang Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 mendatang.

Dalam sidang pleno terakhir dalam Musda yang digelar di Gedung Paris Barantai Kabupaten Kotabaru tersebut, menetapkan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai tuan rumah MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke-33 Tahun 2020. (lia/K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya