558 Jukung Meriahkan Festival Pesona Pasar Terapung

PASAR TERAPUNG - Bupati Khalilurrahman menyalami pedagang pada Festival Pesona Pasar Terapung 2019.

Martapura, KP – 558 jukung pedagang pasar terapung Lok Baintan memeriahkan Festival Pesona Pasar Terapung 2019 yang merupakan agenda tahunan Pemkab Banjar, Minggu (17/11).

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar festival ini dan termasuk dalam agenda kegiatan festival Nasional. Dibuka resmi Bupati KH Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Hj Raudathul Wardiyah, bertempat di dermaga bawah Jembatan Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Tabuk.

Pada Festival tersebut menampilkan berbagai lomba, yakni tanglong jukung, jukung hias tradisional, lomba foto dan penampilan seni budaya khas Banjar. Para pedagang pasar terapung Lok Baintan mulai berjualan pada subuh sekitar pukul 05.00 WITA.

Pedagang yang kebanyakan wanita ini mengayuh jukung berisi dagangan, seperti buah-buahan, sayuran, kue-kue tradisional, cinderamata dan makanan khas Banjar.

Bupati Khalilurrahman mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh peserta Festival Pesona Pasar Terapung atas partisipasi dan dukungannya, sehingga kegiatan ini terlaksana dengan meriah.

”Mari sama-sama bangun potensi wisata daerah kita, sehingga memiliki nilai tambah bagi daerah dan masyarakat serta menjadi solusi dalam membuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi warga,” tuturnya.

Pasar Terapung Lok Baintan sebagai salah satu tradisi yang harus dijaga kelestariannya dan dia meminta agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Haris Rifani menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan program kerja tahunan pihaknya dan tercantum dalam DPA Bidang Pemasaran Pariwisata Banjar Tahun Anggaran 2019.

”Esensi festival ini guna melestarikan Pasar Terapung Lok Baintan, sekaligus sarana promosi wisata dan mendukung visit Kalsel 2020,” tandasnya.

Pemkab ingin, lanjutnya, destinasi wisata menjadi daya tarik Kabupaten Banjar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara, bakan mancanegara. Juga membentuk opini Kabupaten Banjar sebagai tempat yang aman, nyaman dan potensial untuk berinvestasi, berwisata serta sarana hiburan masyarakat.

Festival yang diikuti 558 jukung pedagang pasar terapung di 8 desa Kecamatan Sungai Tabuk ini juga dihadiri Sekdakab Ir HM Hilman, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Ketua DPRD M Rofiqi, Wakapolres Kompol Handoyo Yudhy Santoso, Kepala Kantor Kemenag H Izzuddin, para Kepala SKPD, Camat serta tokoh masyarakat. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...