Pemkab Banjar Gelar Pelatihan Pengelola Keuangan Desa

Martapura, KP – Guna meningkatkan manajemen pengelolaan keuangan desa agar lebih efektif dan efisien, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Pelatihan Pengelola Keuangan Desa bagi Bendahara/Kaur Keuangan Desa se Kabupaten Banjar, di Hotel Roditha Banjarbaru, pekan kemarin.

Kegiatan ini dibuka Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aspihani. Dijelaskannya, pihaknya sengaja mengumpulkan seluruh pengelola keuangan desa dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan dana desa.

”Kami menghimbau kepada kaur keuangan agar segera mengajukan permohonan pencairan, terdiri atas alokasi dana desa triwulan IV, BHPRD dan bantuan khusus,” tandasnya.

Berita Lainnya

PKK Kalsel Beri 50 Ribu Masker Untuk Warga Banjar

Penerapan Prokes Covid-19 Rumah Ibadah Dievaluasi

1 dari 1.178
Loading...

Ada perubahan pagu anggaran untuk 2019, lanjutnya, sebagian desa anggarannya bertambah dan sebagian lagi berkurang. Selain itu ada perubahan kode rekening BHPRD yang dipisah antara Bagi Hasil Pajak Daerah dan Bagi Hasil Retribusi Daerah serta tambahan sisa pajak 2018.

Dia juga meminta agar pada 2020 depan, desa menganggarkan kertas suara dari APBDes dengan menggunakan anggaran selain dana desa. Untuk penyusunan APBDes 2020, desa melibatkan berbagai unsur masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan BPD.

”Dalam pelaksanaan kegiatan, disesuaikan dengan musyawarah desa, selain itu penyusunan APBDes harus berasarkan aturan berlaku,” tegasnya.

Kegiatan Ini dihadiri 277 peserta dari perangkat desa, khususnya Bendahara/Kaur Keuangan se Kabupaten Banjar. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya