Penemuan Benda Antik, Pemkab Banjar Turun Tangan

Martapura, KP – Penemuan sejumlah benda diduga barang antik dari dalam sungai membuat heboh Warga Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat.

Dikonfirmasi, Senin (12/12) Camat Martapura Barat Ahmad Rabani membenarkan penemuan oleh warganya tersebut.

’’Tim Purbakala dari Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjar Bidang Kebudayaan sudah mendatangi warga si penemu untuk melihat barang antik tersebut untuk diteliti dan dikaji,’’ kata Rabani.

Dalam kunjungan, Tim didampingi Kades setempat, tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Untuk hasil, sambungnya, masih belum dan saat ini pihak Disbudporapar terus bekerja.

’’Bukan hanya piring keramik yang ditemukan, juga ada golok dan samurai,’’ katanya.

Berita Lainnya
1 dari 2,865
loading...

Ditambahkan Rabani, sebelumnya banyak warga yang datang untuk melihat barang-barang tersebut. Namun sekarang tidak diperbolehkan, agar aman saat diteliti tim purbakala.

Informasi didapat, sebelumnya, Masroni, warga RT 03 Sungai Rangas Tengah, Sabtu (10/12) sedang mandi di sungai dan secara tidak sengaja menemukan sejumlah barang antik sejenis piring dan mangkok. Penemuan ini membuat warga sekitar menjadi heboh karena dinilai ini barang peninggalan jaman dahulu.

Sejumlah piring terlihat bertuliskan kaligrafi Arab Surah Al-Ikhlas dan Al-Falaq. Ada juga bertuliskan VOC Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Pencarian pun dilakukan kembali secara manual pada Minggu (11/12). Total ada belasan barang yang berhasil ditemukan.

Saat ditemukan, awalnya terlihat sangat kotor dan setelah dibersihkan dibantu warga, terlihat gambar pada piring-piring tersebut. Tidak sedikit warga berbondong bondong melihat dan mengambil air yang diisi ke dalam barang tersebut. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya